News PKS PIYUNGAN :
Home » » cara membuat score dengan flash

cara membuat score dengan flash

Written By Unknown on Jumat, 01 Maret 2013 | 06.55.00


Sebenarnya kami sudah sering membuat score pada sebuah game atau kuis yang dapat anda lihat di Warung Flash ini. Tetapi mungkin ada yang masih kurang jelas bagaimana cara membuatnya. Oleh karena itu melalui tutorial ini kami mencoba untuk menjelaskannya. Untuk membuat score, kita memerlukan sebuah kuis/soal/game. Untuk tutorial di bawah ini kita akan menggunakan soal matematika yang sudah kami buat dan siap untuk anda gunakan. Soal dan cara membuat score di bawah ini hanya contoh saja, cara membuat scorenya mungkin akan berbeda jika anda menggunakan soal yang berbeda ataupun anda menggunakan game/kuis. Tetapi secara garis besar untuk membuat scorenya anda dapat melihatnya pada tutorial kali ini. Apabila ada yang kurang jelas pada tutorial ini silahkan di tanyakan.
1. Download file berikut ini : soal.zip
2. Extract file yang anda download tadi sehingga anda akan mendapatkan soal.fla
3. Jika sudah, klik dua kali soal.fla untuk membukanya di Adobe/Macromedia Flash.
4. Sekarang kita akan memulai membuat scorenya. Pertama yang anda harus lakukan adalah membuat tulisan yang digunakan untuk menampilkan jumlah score yang telah di dapatkan.
5. Caranya, tekan tombol Insert Layer di timeline sehingga akan muncul layer baru bernama Layer 2.
6. Klik kanan frame 2 layer 2 dan pilih Insert Blank Keyframe. Pastikan anda masih di frame 2 Layer 2, buatlah sebuah dynamic text kosong. Letakkan dynamic text ini di stage bagian kiri atas.
7. Pastikan anda masih menyeleksi dynamic text kosong tadi, kemudian tekan Ctrl+F3 untuk memunculkanpanel properties. Di panel properties masukkan scoreTampil pada kotak var dan juga mastikan tombol selectable.
8. Klik kanan frame 6 Layer 2 dan pilih Insert Frame.
9. Selanjutnya kita akan membuat tulisan yang digunakan menampilkan score pada akhir permainan dan juga tulisan untuk menampilkan komentar kepada pemain sesuai jumlah scorenya.
10. Klik frame 7 Layer 1 agar anda aktif di frame dan layer tersebut. Buatlah sebuah dynamic text kosong. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkan scoreAkhir di kotak var dan nonaktifkan tombol selectable.
11. Buatlah sebuah dynamic text kosong. Seleksi dynamic text ini dan pada panel properties masukkankomentar di kotak var dan nonaktifkan tombol selectable.
12. Letakkan 2 buah dynamic text kosong ini di tengah tengah stage, dengan dynamic text scoreAkhir di posisi atas dan dynamic text komentar di bagian bawah dynamic text scoreAkhir. Seperti gambar di bawah ini :
tampilan akhir
13. Berikutnya kita akan memasukkan scriptnya. Pertama kita akan membuat variable yang digunakan untuk menampung score yang anda dapatkan. Kedua kita akan menambahkan script pada masing-masing tombol jawaban benar. Ketiga kita akan memasukkan script untuk menampilkan total score yang di dapatkan. Dan keempat kita akan memasukkan score yang akan digunakan untuk menampilkan score di akhir permainan sekaligus komentarnya.
14. Klik frame 1 Layer 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//membuat variable bernama score dengan nilai 0
score = 0;
//ketika tombol main_btn ditekan
main_btn.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
15. Klik frame 2 Layer 1 dan pada panel actions ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//ketika tombola ditekan
tombola.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolb ditekan
tombolb.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolc ditekan
tombolc.onPress = function() {
 //nilai variable score di tambah 1
 score += 1;
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombold ditekan
tombold.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
16. Klik frame 3 Layer 1 dan pada panel actions ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//ketika tombola ditekan
tombola.onPress = function() {
 //nilai variable score di tambah 1
 score += 1;
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolb ditekan
tombolb.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolc ditekan
tombolc.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombold ditekan
tombold.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
17. Klik frame 4 Layer 1 dan pada panel actions ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//ketika tombola ditekan
tombola.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolb ditekan
tombolb.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolc ditekan
tombolc.onPress = function() {
 //nilai variable score di tambah 1
 score += 1;
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombold ditekan
tombold.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
18. Klik frame 5 Layer 1 dan pada panel actions ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//ketika tombola ditekan
tombola.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolb ditekan
tombolb.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolc ditekan
tombolc.onPress = function() {
 //nilai variable score di tambah 1
 score += 1;
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombold ditekan
tombold.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
19. Klik frame 6 Layer 1 dan pada panel actions ubah script yang ada menjadi seperti di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//ketika tombola ditekan
tombola.onPress = function() {
 //nilai variable score di tambah 1
 score += 1;
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolb ditekan
tombolb.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombolc ditekan
tombolc.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
//ketika tombold ditekan
tombold.onPress = function() {
 //mainkan frame berikutnya
 nextFrame();
};
20. Klik frame 2 Layer 2 dan pada panel actions masukkan script di bawah ini :
1
2
3
4
5
//perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan
onEnterFrame = function () {
 //tampilkan tulisan Score :+nilai variable score pada dynamic text dengan var scoreTampil
 scoreTampil = "Score : "+score;
};
21. Klik frame 7 Layer 1 dan pada panel actions masukkan script di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//tampilkan tulisan Score : +nilai variable score pada dynamic text dengan var scoreAkhir
scoreAkhir = "Score : "+score;
//jika nilai variable score lebih dari atau sama dengan 4
if (score>=4) {
 //tampilkan tulisan Pertahankan Prestasimu pada dynamic text dengan var komentar
 komentar = "Pertahankan Prestasimu";
}
//jika nilai variable score lebih dari atau sama dengan 4  
if (score<=3) {
 //tampilkan tulisan Anda Harus banyak Belajar pada dynamic text dengan var komentar
 komentar = "Anda Harus banyak Belajar";
}
//ketika tombol ulang_btn ditekan 
ulang_btn.onPress = function() {
 //mainkan frame 1
 gotoAndStop(1);
};
22. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Share this article :

3 komentar:

  1. kalau membuat nilai terendah dan tertinggi gimana?

    BalasHapus
  2. makasih mas... masih awam ni soal membuat score.
    sangat membantu.
    radiasiflash.blogspot.com | Ragam Media Edukasi Flash

    BalasHapus
  3. iya gimana ya cara membuat score yang bisa tersimpan nama penjawabnya dan diurutkan dari score tertinggi sampai terendah.
    [PUSING] belum pernah bikin.
    radiasiflash.blogspot.com | Ragam Media Edukasi

    BalasHapus

Tamu Harap ninggalin jejak

 
Support : Creating Website | Harun Korniawan | Ha-Ka
powered by Blogger
Copyright © 2013. KaiZen Design - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template