News PKS PIYUNGAN :
Home » » Tips ngerjain skripsi buat mahasiswa jurusan teknik informatika

Tips ngerjain skripsi buat mahasiswa jurusan teknik informatika

Written By harun kurniawan on Selasa, 04 Juni 2013 | 21.41.00

Tips untuk mengerjakan skripsi buat kamu yang punya jurusan Teknik Informatika.
Ini berdasar pengalaman setelah mengerjakan skripsi kemaren. Hm. Setelah bertahun tahun kuliah inilah hasil akhir yang terkadang menjadi momok tersendiri bagi sebagian mahasiswa, yaitu SKRIPSI. Well.. bisa dibilang mengerkan skripsi adalah gampang gampang susah. Gampang jika kita sudah niat mengerjakan tanpa memperdulikan hambatan apapaun. Tapi susahnya ketika sang malas sudah menyapa dan tiba tiba lengket ke diri kita. Butuh waktu yang lumayan lama untuk mengusirnya. Hehhehe… pengalaman pribadi. OK sudah cukup basa basinya. Sekarang kita lanjut aja. Ni dia tips-tips buat kamu yang sedang atau mengerjakan SKRIPSI. Beberapa tips tersebut adalah :

1.Pilih topik kamu lebih awal. Kalo kamu ngambil program sarjana 4 tahun, idealnya ketika memasuki semester ke-6 (Ni kalo otak kamu bener bener encer) atau semester ke-7, kamu harus sudah memulai memilah dan memilih topik skripsi apa yang akan kamu kerjakan. Kamu akan membutuhkan sekitar 6 bulan kurang lebih untuk membaca, meresearch dan menulis skripsi kamu.

2.pilih topik yang tepat buat kamu. Biasanya kalo jurusan teknik informatika pilih topik yang up todate, ni biasanya akan cepat di acc oleh dosen atau ketua jurusan kamu. Pilih topik yang menarik minat kamu atau topik yang kamu kuasai. Ni akan sangat berguna untuk menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi kamu ntar. Topik skripsi bisa kamu dapatkan secara mudah dengan browsing di internet atau kamu membaca baca informasi di buku.

3.Buat gambaran awal mengenai perangkat lunak yang akan kamu buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperdetail. Gambaran awal dapat juga dilakukan dengan meresearch (meneliti) terhadap topik kamu. Hal ini diperlukan supaya kamu memiliki gambaran tentang apa yang akan kamu buat. PENTING NI!!!

4.Konsultasikan dan ajukan proposal skripsi kamu kepada dosen atau ketua jurusan kamu. Buat proposal skripsi kamu dan konsultasikan ke dosen. Disini kamu perlu menjelaskan apa yang akan kamu buat di dalam skripsi kamu. Kalo proposal kamu diterima, senyum senyum nih. Maka ini merupakan langkah awal dalam mengerjakan skripsi kamu. HOREEEE (^_^)/ eits.. jangan senang dulu. Perjalanan masih panjang bro.

5.Cari dosen pembimbing atau teman teman yang mungkin dapat membantu kamu nantinya. Di beberapa universitas, dosen pembimbig mungkin akan dicarikan oleh ketua jurusan. Tapi di universitas lain kamu bisa memilih dosen mana yang akan kamu jadikan dosen pembimbing skripsi kamu. Buat skripsi kamu dengan kemampuan kamu sendiri. Tu lebih membanggakan bro, sist. 

6.kumpulin semua referensi yang berhubungan dengan skripsi kamu. Apakah itu teori ataupun program jadi yang akan membantu kamu dalam pengerjaan skripsi kamu. Untuk itu kamu bisa mencarinya di internet, dibuku atau informasi lain. Referensi juga bisa berupa skripsi-skripsi senior kamu yang membahas topik yang satu jalur dengan topik kamu.

7.Mulai ngerjain bab 1 dan bab 2 dari skripsi kamu. Biasanya dijurusan teknik informatika, bab 1 adalah pendahuluan dan bab 2 adalah landasan teori. Dari referensi yang sudah kamu kumpulkan, kamu setidaknya bisa mempercepat mengerjakan ini. Tinggal ketik ulang atau copy paste dari informasi yang kamu dapat. Kalo kamu niat dan data sudah terkumpul paling Cuma mbutuhin waktu 1 minggu untuk nyelesaiin ni bab.

8.kerjakan program atau perangkat lunak kamu. Ini adalah bagian yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang paling lama, karena kenyataanya tidak semua mahasiswa teknik informatika menguasai programing secara utuh. Umumnya, mahasiswa hanya menguasai dasar-dasar programing ( yang diberikan institusi pendidikan) dan tidak dikembangkan (paling dikembangkan kalo kepepet dan mau ujian, hehehehe SKS). Sehingga skill programing mahasiswa dirasakan kurang untuk mengerjakan program skripsi. Untuk poin ini, don’t worry, hehhee… kamu bisa nyari temen-temen atau senior senior kamu untuk dimintai bantuan. Tapi jangan lantas mereka yang ngerjain, inget bro, sist, kebanggaan tersendiri kalo kamu bisa ngerjaini tu skripsi berdasarkan kemampuan kamu. Kamu ga perlu ngebohongin diri kamu sendiri tentang skill kamu hanya untuk sebuah grade nilai. Bagi yang punya skill programing yang cukup, buatlah prototype program dalam 1-2 hari dan coding atau kerjakan program kamu dalam waktu maksimal 1 bulan. Setelah program selesai ini artinya kamu udah 80% selesai. Refreshing dulu biar otak ga panas. Hehe

9.Mulai nyusun bab 3, bab 4, dan bab 5. setelah program selesai, point ini akan relatif mudah karena tinggal nulis inti dari program kamu.
10. Konsultasiin per bab dengan dosen pembimbing. Ini adalah point yang penting. Beberapa institusi tidak terlalu mempersulit pengerjaan skripsi. Paling paling diganti dan dikasih saran perbaikan yang sesuai dan relatif tidak menyulitkan. Tapi ada juga beberapa institusi yang mempunyai dosen killer yang akan mempersulit pengerjaan skripsi kamu. Tidak peduli gimana bagusnya skripsi kamu, tetap harus ada perbaikan atau coret coretan yang dibuatnya di paper kamu. Tenang guys… ini semata mata hanya untuk memberikan yang terbaik buat kamu. Percaya deh. Karena kamu bisa membuat yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Ya gak??

11. Seminar dan Sidang. Kuasai skripsi kamu kalo ga mau jadi sasaran pembantaian. Pelajari minimal 1 minggu dari teori sampai source code program kamu. Kalo saatnya tiba, kamu harus tampil percaya diri sehingga dosen kamu akan mendapatkan image bahwa kamu memang bukan mahasiswa sembarangan (^_^). Kalo kamu nguasain poin ini dengan baik, tidak mustahil kamu akan mendapat nila ‘A’ untuk skripsi kamu. Selamat ya. Kamu dapat gelar kamu dengan bangga.

Ok bro, sist demikian tips dari saya. Mudah mudahan bisa sedikit membantu kamu kamu yang mau atau sedang mengerjakan skripsi. Ingat tidak ada kata menyerah sebelum kekalahan itu ada di depan mata. Dan No way back ( tidak ada jalan kembali) ketika kamu sudah memutuskan sesuatu hal. Lakukan semaksimal dan sebisa mungkin yang kamu mampu. Dan untuk hasil akhir serahkan semuanya pada Alloh. Hasil akan mengikuti proses ketika kita melaluinya. Tetap semangat (^_^)/


sumber
Share this article :

5 komentar:

  1. makasih mas .sangat membantu dan mem0tivasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama-sama mas Sandri suryana. semoga sukses.....
      dan salam kenal dari saya Harun Korniawan

      Hapus
  2. terimakasih tips nya kang harun ... sangat membantu... semoga sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok Sipp... sama sama semoga jenengan juga sukses...

      Hapus
  3. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus

Tamu Harap ninggalin jejak

 
Support : Creating Website | Harun Korniawan | Ha-Ka
powered by Blogger
Copyright © 2013. KaiZen Design - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template