News PKS PIYUNGAN :
Home » » Pilkades Berjalan Aman dan Lancar

Pilkades Berjalan Aman dan Lancar

Written By harun kurniawan on Minggu, 23 Desember 2012 | 07.54.00


image
ANTREAN PANJANG: Para warga Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo harus antre terlebih dahulu sebelum memberikan hak suara pada pilkades setempat yang digelar di balai desa. (suaramerdeka.com / Basuni H)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Secara umum pelaksanaan pemilihan kepala  desa (pilkades) yang digelar serentak di 55 desa, berjalan dengan tertib aman dan lancar, Sabtu (22/12).
Jumlah pemilih di 55 desa di 14 kecamatan yang memiliki hak suara sebanyak 205.273. Dari 17 kecamatan, yang tidak menggelar pilkades pada tahap pertama ini adalah Kecamatan Karanganyar, Matesih dan Tasikmadu.
Salah satu kejutan yang terjadi adalah kekalahan kades incumbent atau petahana Desa Ngringo, Sudirman oleh Sardiman. Desa Ngringo adalah desa yang memiliki jumlah pemilih terbanyak di seluruh kabupaten.
Berdasar data, dari jumlah pemilih di desa itu sebanyak 17.051 orang, yang hadir memberikan suara sebanyak 10.625 orang, dan tidak hadir 6.426 orang.Suara sah yang masuk 9.975 dan suara rusak 650.
Sudirman mendapat 3.802 suara sedangkan Sardiman memperoleh 6.173 suara. Uniknya, rumah Sardiman berada di depan balai Desa Ngringo, tempat digelarnya pilkades.
Sementara itu di Desa Jeruksawit, Gondangrejo, yang diikuti oleh tiga calon, dimenangkan oleh calon yang bernama Midi nomor urut 2 dari pasanga nomor urut 1 Sutrisno, hanya dengan selisih 4 suara saja, dan disusul pasangan nomor 3 Suwarno di urutan ketiga dengan selisih suara yang cukup banyak.
Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Karanganyar Sunarno mengemukakan, meski hanya selisih satu suara pun, yang mendapat perolehan suara terbanyak tetap yang memenangkan pilkades.
Bupati Rina Iriani bersama beberapa pejabat Pemkab Karanganyar meninjau pelaksanaan pilkades yang ada di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, lalu di Desa Ngringo, Jaten dan di Desa Pulosari Kecamatan Kebakkramat serta di Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo.
"Alhamdulillah aman dan kondusif saya lihat semuanya rapi, dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan aturan," tandas Bupati Rina tatkala ditemui seusai meninjau pelaksanaan pilkades di Wonosari.
Sebelumnya, saat di Desa Jaten, Bupati Rina turut memberikan suaranya, karena dia masih terdaftar sebagai warga Desa Jaten. Saat menerima kartu suara, dia mencontreng di bilik suara nomor sembilan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Tamu Harap ninggalin jejak

 
Support : Creating Website | Harun Korniawan | Ha-Ka
powered by Blogger
Copyright © 2013. KaiZen Design - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template